Kisi-kisi dan Soal UN 2013

Kisi-kisi dan Soal UN 2013
Kisi-kisi dan Soal UN 2013
Kisi-kisi dan Soal UN 2013 - Sekitar Bulan Mei 2013 yang akan datang para peserta didik tingkat Sekolah Dasar (SD), SMP, SMA/SMK akan melaksanakan Ujian Nasional (UN) untuk itu bagi para peserta didik yang akan melaksanakan hal tersebut perlu mempersiapkan diri dari sekarang menjelang UN agar hasil yang dicapai bisa memuaskan dan lulus ke tingkat selanjutnya.

Berbagai persiapan yang perlu kita lakukan salah satunya yang pasti belajar dengan rajin baik sendiri, dengan teman maupun dengan bimbingan dari pengajar karena keberhasilan akan dipengaruhi dari persiapan dari peserta didik itu sendiri.

Menurut suaramerdeka.com bahwa Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2013 ini akan mengalami perbedaan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya, variasi soal hanya ada lima kini menjadi 20. Sementara komposisi bibit soal yang semula soal mudah 10 persen, sedang 80 persen, dan sulit 10 persen, pada UN 2013 ini menjadi 10 persen soal mudah, 70 persen sedang, dan 20 persen soal sulit. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Khairil Anwar Notodiputro, tidak menampik anggapan jika penambahan soal sulit pada UN 2013 itu dimaksudkan untuk menjawab kritik sejumlah pihak yang menilai materi UN terlalu mudah, sehingga tingkat kelulusan peserta ujian SMA sangat tinggi.

Sedikit pembahasan mengenai Kurikulum 2013 yang mungkin banyak pandangan dari berbagai pihak baik itu kritikan maupun masukan, saya akan share dari sumber kementrian pendidikan sedikit penjelasan mengenai hal tersebut. Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi yang pernah digagas dalam Rintisan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004, tapi belum terselesaikan karena desakan untuk segera mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006. Rumusannya berdasarkan pada sudut pandang yang berbeda dengan kurikulum berbasis materi, sehingga sangat dimungkinkan terjadi perbedaan persepsi tentang bagaimana kurikulum seharusnya dirancang. Perbedaan ini menyebabkan munculnya berbagai kritik dari yang terbiasa menggunakan kurikulum berbasis materi. Untuk itu ada baiknya memahami lebih dahulu terhadap konstruksi kompetensi dalam kurikulum sesuai koridor yang telah digariskan UU Sisdiknas, sebelum mengkritik. (http://www.kemdiknas.go.id)

Untuk itu saya akan berikan contoh kisi-kisi dan soal UN 2013 untuk dijadikan bahan referensi belajar dalam mempersiapkan diri menjelang Ujian Nasional 2013 yang akan dilaksanakan beberapa bulan ke depan.

Berikut ini link unduh untuk Kisi-kisi dan Soal UN 2013 :
Kisi-kisi dan Soal UN SD, MI, SDLB 2013
Kisi-Kisi dan soal UN SMP SMA SMK PLB 2013


Demikian informasi yang dapat saya sampaikan kali ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat juga berguna.
terimakasih
Share this article :

Postingan Populer

 
Support : Info Gadget Terbaru | Info Lowongan Kerja | Lirik Terpopuler
Copyright © 2013. Tips dan Info Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger